Mengenal Piramida Agung di Giza



Pernahkah kamu melihat piramida? Piramida adalah bangunan kuno dari batu berbentuk limas segi empat. Bangunan ini banyak terdapat di Mesir. Salah satu piramida Mesir yang paling terkenal ada di Giza. Piramida itu bernama The Great Pyramid of Giza (Piramida Agung di Giza).
Piramida Agung ini sering disebut juga dengan Piramida Khufu. Ia merupakan piramida tertua dan terbesar di wilayah Giza. Menurut perkiraan para ilmuwan, piramida ini dibangun pada tahun 2560 Sebelum Masehi. Fungsinya untuk menyimpan mumi Firaun Khufu (masa kekuasaan dari tahun 2589– 2566 Sebelum Masehi), dari Dinasti Keempat Kerajaan Mesir Kuno.
Piramida Agung merupakan satu dari beberapa bangunan yang dibangun untuk menghormati Firaun Khufu. Para pengikut setia Firaun membuat bangunan lain di sekitar Piramida Agung. Bangunan-bangunan itu antara lain, dua kuil, dan tiga piramida untuk istri dan kerabat Firaun. Ada pula makammakam untuk kaum bangsawan di sekeliling piramida.
Butuh waktu sekitar 20 tahun untuk membangun Piramida Agung ini. Pembangunannya itu sendiri membutuhkan lebih dari 2,3 juta batu gamping (batu kapur). Batu-batu itu ditumpuk sedemikian rupa hingga membentuk bangunan yang menjulang lancip ke atas.
Tinggi Piramida Agung di Giza mencapai 146,6 meter (m). Sejak didirikan hingga 3.800 tahun sesudahnya, piramida itu menjadi bangunan dengan struktur tertinggi di dunia. Namun, akibat erosi (pengikisan), piramida ini mengalami kerusakan. Erosi menyebabkan penurunan tinggi piramida. Dari penelitian para ilmuwan di Mesir, tinggi Piramida Agung saat ini sekitar 138,8 m.
Populer
Piramida Agung bersama piramida lainnya di Mesir masuk dalam Seven Wonders of the Ancient World (Tujuh Keajaiban Dunia dari Peradaban Kuno). Setelah beribu tahun lamanya, Piramida Agung tersebut masih tetap berdiri kokoh. Warga dan pemerintah Mesir sangatbangga dengan peninggalan kebudayaan kuno ini.
Masyarakat dunia juga terpesona dengan keindahan piramida tersebut. Menurut Cultural Heritage News Agency, Jumat (10/7), Piramida Agung dan wilayah Giza sangat diminati wisatawan. Di tahun 2008, tempat bersejarah itu mampu meraup pendapatan sebesar 11,5 juta dollar AS (sekitar Rp117,1 miliar). Kepopuleran Piramida Agung ini juga memikat para sutradara. Karenanya, tempat itu sering dijadikan lokasi pengambilan film. Michael Bay, sutradara ternama asal Amerika Serikat, pun tertarik pada Piramida Agung ini. Alhasil, ia mengambil adegan film Transformers: Revenge of the Fallen di sana.

No Response to "Mengenal Piramida Agung di Giza"

Poskan Komentar